Skip to main content

Daftar Mata Kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Table of Content [ ]
Daftar Mata Kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Pojokbaca.org - Berikut ini adalah daftar mata kuliah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang akan kamu pelajari saat memasuki dunia perkuliahan Perguruan Tinggi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Daftar Mata Kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi memang menjadi dambaan banyak orang. Selain memperoleh ilmu pengetahuan yang tidak didapatkan di bangku sekolahan, peluang untuk berkarir juga semakin terbuka lebar.

Namun demikian, pada saat ingin memasuki dunia perkuliahan, keputusan penting yang harus dipertimbangkan yaitu menentukan fakultas yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi karir di masa mendatang. Diantaranya dengan cara melakukan riset tentang fakultas terlebih dahulu, termasuk mencari informasi mata kuliah pada fakultas yang akan dimasuki.

Mata kuliah atau yang akrab disebut "matkul" adalah satuan pelajaran untuk mahasiswa di perguruan tinggi yang terdiri dari berbagai fakultas. Sebaran mata kuliah ini akan sangat beragam sesuai dengan fokus keilmuan fakultas masing-masing, salah satunya seperti di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Ada banyak sekali mata kuliah Ilmu Sosial dan Politik yang ditawarkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, berikut adalah daftar lengkapnya:

  1. Pengantar Ilmu Politik
  2. Pengantar Ilmu Sosial
  3. Ilmu Sosial Budaya Dasar
  4. Metode Penelitian Ilmu Sosial dan Politik
  5. Kebijakan Publik
  6. Administrasi Publik
  7. Administrasi Bisnis
  8. Hukum Tata Pemerintahan
  9. Sistem Politik Indonesia
  10. Sistem Sosial Budaya Indonesia

1. Pengantar Ilmu Politik

​Ilmu politik adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting bagi mahasiswa. Mata pelajaran ilmu politik ini memberikan mahasiswa pengetahuan yang diperlukan untuk memahami bagaimana sistem politik bekerja. Mahasiswa juga akan mempelajari bagaimana cara untuk berpartisipasi dalam sistem politik dan bagaimana cara untuk mempengaruhi perubahan politik. Mata kuliah ilmu politik juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin aktif dalam kehidupan politik atau yang ingin menjadi politisi.

2. Pengantar Ilmu Sosial

​Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari manusia dan perilakunya. Mata kuliah ini sangat penting untuk dipelajari mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik karena memungkinkan mereka untuk memahami bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain. Mata kuliah ini juga akan membantu mahasiswa untuk memahami bagaimana sistem sosial bekerja dan bagaimana ia dapat berpengaruh pada perilaku manusia.

3. Ilmu Sosial Budaya Dasar

​Mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar adalah mata kuliah yang mempelajari teori-teori kemasyarakatan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari bagaimana masyarakat berfungsi, bagaimana manusia berinteraksi dengan masyarakat, serta bagaimana masyarakat berubah seiring berjalannya waktu.

4. Metode Penelitian Ilmu Sosial dan Politik

Metode Penelitian menjadi mata kuliah sospol (sosial dan politik) yang dibutuhkan untuk meneliti fenomena sosial dan politik. Metode penelitian ini meliputi berbagai macam teknik penelitian seperti penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, penelitian deskriptif, dan penelitian eksperimental.

Pada umumnya, metode penelitian ilmu sosial dan politik digunakan untuk menganalisis data sekunder, yaitu data yang sudah ada sebelumnya. Data sekunder yang biasanya digunakan dalam metode penelitian ini antara lain data literatur, data statistik, data dokumentasi, dan data internet.

5. Kebijakan Publik

Kebijakan publik menjadi mata kuliah ilmu sosial dan politik yang wajib dipelajari. Mata kuliah ini memberikan mahasiswa pengetahuan dasar yang diperlukan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengusulkan solusi atas berbagai masalah publik.

Dalam matakuliah kebijakan publik, mahasiswa akan mempelajari seluk-beluk kebijakan publik. Mahasiswa akan belajar bagaimana kebijakan publik diidentifikasi, diimplementasikan, dan dievaluasi. Mahasiswa juga akan belajar bagaimana mengumpulkan data dan informasi, dan bagaimana menganalisis data dan informasi tersebut.

6. Administrasi Publik

​Administrasi publik adalah salah satu mata kuliah yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Mata kuliah ini membahas tentang pemerintahan dan administrasi, dan bagaimana cara kerja pemerintahan dan administrasi yang efektif. Selain itu juga membahas tentang sistem ketatanegaraan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan publik.

7. Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis, atau dalam bahasa Inggris "Business Administration" adalah kuliah yang membahas mengenai berbagai aspek bisnis, seperti manajemen, keuangan, pemasaran, hukum, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, mata kuliah ini diajarkan kepada mahasiswa yang ingin memahami bagaimana sebuah bisnis berjalan. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan bekal kepada mahasiswa yang ingin mengembangkan bisnis sendiri di kemudian hari.

8. Hukum Tata Pemerintahan

​Hukum Tata Pemerintahan adalah salah satu mata kuliah jurusan ilmu politik yang membahas tentang hukum yang berlaku dalam pemerintahan, seperti hukum administrasi negara, hukum pidana, hukum perdata, dan hukum internasional. Hukum Tata Pemerintahan juga membahas tentang sistem politik dan lembaga-lembaga pemerintahan, seperti presiden, parlemen, mahkamah agung, dan lain-lain.

9. Sistem Politik Indonesia

Sistem politik Indonesia adalah matkul ilmu politik yang membicarakan tentang sistem politik yang berlaku di Indonesia. Selain itu juga membahas tentang bagaimana pemerintahan dan politik dijalankan, lembaga-lembaga politik di Indonesia, dan bagaimana sistem politik dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

10. Sistem Sosial Budaya Indonesia

Mata kuliah sistem sosial budaya Indonesia adalah salah satu bidang yang dipelajari di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Mata kuliah ini membahas tentang suatu konsep dan teori sosiologi untuk memahami permasalahan yang terjadi dalam sistem sosial budaya di Indonesia.

Penutup

​Itulah ulasan singkat mengenai daftar mata kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Perlu diketahui bahwa semua mata kuliah tersebut tidak semuanya menjadi mata kuliah wajib yang diajarkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Sebaran mata kuliah tersebut ditentukan oleh Universitas, bisa juga oleh Program Studi masing-masing sesuai dengan target capaian lulusan yang sudah ditentukan.

Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar