Skip to main content

Begini Caranya Membaca Pertanyaan Secara Kritis

Table of Content [ ]

Pojokbaca.org - Ketika membaca pertanyaan suatu tugas, Anda bisa memakai keterampilan berpikir kritis Anda untuk memastikan kalau Anda memahami pertanyaan seutuhnya.

Sebagai contoh, apabila pertanyaan meminta Anda untuk membandingkan dan kontras dua pendekatan yang tidak sama, Anda akan tahu kalau Anda harus meluapkan sejumlah kata Anda mengalkulasi untuk satu pendekatan dan beberapa ke lainnya.

Demikian pula, apabila pertanyaan meminta Anda untuk menilai... pengetahuan kita mengenai... Anda akan mempunyai dua titik konsentrasi dalam jawaban Anda.

Lihat ke kata proses yang akan memberitahu Anda apa yang Anda diinginkan untuk melakukan dengan subyek dan sering kata kerja (seperti membandingkan dan kontras). Sehingga apabila pertanyaan meminta Anda untuk:

  1. Menilai, memandang, membela, memberikan dukungan: Anda akan butuh untuk menyiapkan penilaian berargumen berdasarkan riset Anda. Mengaplikasikan, memperlihatkan, mengilustrasikan, dan menerjemahkan, memecahkan: Anda akan butuh untuk mengaplikasikan subyek (untuk keadaan tertentu).
  2. Meningkatkan, merangkum, mengendalikan: Anda diharapkan untuk mengkombinasikan materi dengan bahan lain yang Anda baca dalam pelatihan. Bandingkan, kontras, diskriminasikan, membedakan, dan memeriksa: Anda akan butuh untuk menganalisa argumen.
  3. Batasan, daftar, nama, posisi: Anda akan butuh untuk mengenali konten.

Rujukan :

  • Zakiah, Linda dan Ika Lestari. 2019. "Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran". Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar