Skip to main content

Giat Literasi di Bulan Suci! PMII Unwahas Hadirkan Ruang Baca Terbuka Anak di Yayasan Al Barokah Semarang

Table of Content [ ]
Giat Literasi di Bulan Suci! PMII Unwahas Hadirkan Ruang Baca Terbuka Anak di Yayasan Al Barokah Semarang, (dok. pribadi).

Pojokbaca.org - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang giatkan literasi di bulan suci Ramadhan dengan menghadirkan ruang baca terbuka untuk anak. Bertempat di Yayasan Al Barokah, Kel. Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

Ketua Umum PMII Unwahas, M. Nabil Fauzulaini menjelaskan, ruang baca ini merupakan salah satu serangkaian kegiatan selama bulan suci Ramadhan dengan tajuk “Ramadhan Bergerak” yang diselenggarakan oleh PMII Komisariat Wahid Hasyim Semarang.

“Diselenggarakannya kegiatan ini karena melihat fakta sosial yang ada, di mana anak lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan bermain smartphone di bulan Ramadhan. Jarang sekali anak yang membaca buku terlebih buku di luar pelajaran sekolah”, kata Nabil kepada Pojokbaca.org, Sabtu (23/03/2024).

Untuk menarik perhatian dan minat baca anak, berbagai buku cerita anak bergambar mulai dari cerita rakyat, dongeng klasik, hingga fabel dihadirkan oleh PMII Unwahas melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang menggunakan mobil perpustakaan keliling.

Anak-anak dengan penuh keceriaan menyambut kedatangan Si Moli (si mobil keliling) dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang. Terlihat mereka sangat antusias untuk membaca dan bertukar cerita dengan anak lainnya.

Pantauan Pojokbaca.org, anak-anak juga diajak untuk mewarnai gambar. Melalui kegiatan mewarnai ini, anak diperkenalkan dengan macam-macam warna alam sekitar, melatih konsentrasi, dan meningkatkan kemampuan motorik anak.

Terlihat kader PMII Unwahas mengajak anak-anak untuk mewarnai gambar bersama, (dok. pribadi)

“Dengan diadakannya kegiatan ini semoga dapat mendorong produktivitas anak di bulan suci Ramadhan dan meningkatkan literasi pada anak, sekaligus sebagai bentuk komitmen pengabdian PMII Komisariat Wahid Hasyim Semarang kepada masyarakat”, pungkas Nabil.

Editor: Ni’am Azhari (Mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang)

Post Terbaru
Article Policy: Diperbolehkan mengambil sebagian artikel ini untuk tujuan pembelajaran dengan syarat menyertakan link sumber. Mohon koreksi jika ditemukan kesalahan dalam karya kami.
Tutup Komentar